Diet Mediterania bisa turunkan kecemasan dan stres pada lansia

Diet Mediterania adalah pola makan yang terinspirasi dari cara makan tradisional di negara-negara Mediterania seperti Italia, Spanyol, dan Yunani. Diet ini dikenal kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun. Diet Mediterania telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk dapat membantu menurunkan kecemasan dan stres pada lansia.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Research Reviews, diet Mediterania dapat membantu mengurangi risiko terjadinya depresi, kecemasan, dan stres pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang tinggi dalam makanan-makanan yang termasuk dalam diet Mediterania, seperti antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, diet Mediterania juga dikenal dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes dan kanker. Dengan tubuh yang sehat dan terjaga, lansia akan merasa lebih bugar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sehingga kecemasan dan stres pun dapat terkendali.

Untuk menerapkan diet Mediterania, lansia disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan setiap hari, memilih biji-bijian utuh sebagai sumber karbohidrat, mengurangi konsumsi daging merah dan gula, serta meningkatkan konsumsi ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Selain itu, lansia juga disarankan untuk tetap aktif secara fisik dan menjaga pola tidur yang teratur untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Dengan menerapkan diet Mediterania, lansia dapat merasakan manfaat yang besar bagi kesehatan fisik dan mental mereka. Dengan tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang, lansia dapat menikmati masa tua dengan lebih bahagia dan bermakna. Jadi, jangan ragu untuk mencoba diet Mediterania dan rasakan perubahan positif dalam hidup Anda!